Rabu, 11 Juli 2012

Hemoglobin



Definisi
Hemoglobin adalah metalprotein pengangkut oksigen yang mengandung besi dalam sel darah merah dalam darah mamalia dan hewan lainnya. Molekul hemoglobin terdiri dari globin, apoprotein, dan empat gugus heme, suatu molekul organic dengan satu atom besi.
Hemoglobin merupakan molekul protein di dalam sel darah merah yang bergabung dengan oksigen dan karbondioksida untuk diangkut melalui system peredaran darah ke jaringan dalam badan.
Hemoglobin adalah suatu protein dalam sel darah merah yang mengantarkan oksigen dari paru-paru ke jaringan seluruh tubuh dan mengambil karbondioksida dari jaringan tersebut dibawa ke paru untuk dibuang ke udara bebas.
Ion besi dalam bentuk Fe2+ dalam hemoglobin memberikan warna merah pada darah. Dalam keadaan normal 100ml darah mengandungg 15 gram hemoglobin yang mampu mengangkut 0,03 gram oksigen.

Struktur
Hemoglobin tersusun dari empat molekul protein (globulin chain) yang terhubung satu sama lain. Molekul hemoglobin terdiri dari globin, apoprotein, dan empat gugus heme, suatu molekul organic dengan satu atom besi.

Pada pusat molekul terdapat cincin heterosiklik yang dikenal dengan porfirin yang menahan satu atom besi; atom besi ini merupakan situs/loka ikatan oksigen. Porfirin yang mengandung besi disebut heme. Nama hemoglobin merupakan gabungan dari heme dan globin; globin sebagai istilah generic untuk protein globular.
Tiap subunit hemoglobin mengandung satu heme, sehingga secara keseluruhan hemoglobin memiliki kapasitas empat molekul oksigen. Pada molekul heme inilah zat besi melekat dan menghantarkan oksigen serta karbondioksida melalui darah, zat ini pula yang menjadikan darah kita berwarna merah.

Jenis – Jenis Hemoglobin

Sekitar 90% yang mengisi sel darah merah adalah hemoglobin. Hemoglobin tersusun dari empat molekul protein (globulin chain) yang terhubung satu sama lain. Hemoglobin normal orang dewasa (HbA) terdiri dari 2 alpha-globulin chains dan 2 beta-globulin chains, dengan demikian memiliki struktur kuartener heterogen. Hemoglobin Adult (HbA) dapat ditulis dengan α2β2.
Terdapat juga suatu hemoglobin dewasa minor (HbA2) yang secara normal mencakup sekitar 3% dari hemoglobin total dan mempunyai dua rantai δ sebagai pengganti rantai β, dan dapat ditulis α2δ2. Sedangkan pada bayi yang masih dalam kandungan atau yang sudah lahir terdiri dari beberapa rantai beta dan molekul hemoglobinnya terbentuk dari 2 rantai alfa dan 2 rantai gama yang dinamakan sebagai HbF (Hemoglobin Fetal) dapat ditulis α2ɣ2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar